PERSAINGAN ARMADA BUS EXECUTIVE DI SUMATERA DAN SULAWESI LEBIH MENARIK DARIPADA DI JAWA
Diera yang modern disaat sekarang ini memang segala persaingan disegala bidang semakin ketat dan semakin ramai. Persaingan tersebut juga terjadi di dalam dunia transportasi di Indonesia terutama jasa transportasi darat. Kita liat diera sekarang ini semakin banyak orang membutuhkan transportasi darat utamanya jasa transportasi bus. Kenyataannya konsumen sekarang lebih pandai dan jeli dalam memilih bus untuk dijadikan alat transportasi hingga sampai pada tempat
tujuan yang diinginkan.Berkaca dari hal tersebut pemilik Perusahaan Otobus berlomba-lomba memberikan fasilitas yang senyaman untuk mencari konsumen sebanyak-banyaknya untuk dijadikan pelanggan tetap.
Di Indonesia perusahaan otobus semakin hari semakin semakin bertambah namun untuk persaingan dalam hal armada bis yang disajikan oleh perusahaan otobus, di Sumatera dan Sulawesi jauh lebih menarik dibandingkan dengan di Jawa. Kita lihat faktanya di Jawa untuk kelas executive armada yang digunakan rata-rata sama menggunakan jetbus adiputro dan scorpion king tentrem dengan didominasi dengan mesin hino dan yang berani menggunakan mesin scania seri terbaru, MB 1836 seri terbaru dengan kelas executive hanya PO Harapan Jaya kemudian disusul PO Nusantara yang baru-baru mengeluarkan MB 1830 untuk kelas executive. Setelah kita berkaca dengan persaingan di Jawa mari kita beranjak di bumi Sumatera terutama bus executive untuk jalur Medan-Banda Aceh. Bus kelas executive Jalur Medan-Banda Aceh sekarang sudah ramai didominasi oleh armada MB 1836 terbaru misalnya: PO. Kurnia, PO Sempati Star, PO. Pelangi dan PO. PMTOH. Ketatnya persaingan untuk jalur Medan-Banda Aceh jelas sangat memanjakan konsumen yang bertujuan ke Medan-Banda Aceh.
Setelah berkaca dari bumi Sumatera mari kita menyebrang ke bumi Sulawesi terutama jalur Makassar Toraja dan Jalur Makassar-Palopo. Persaingan bus executive untuk jalur tersebut sangatlah ketat dan bus executive pada jalur tersebut selalu update dalam peremajaan armada. Kita lihat faktanya: PO. Bintang Prima berani mengeluarkan setiap harinya lebih dari 5 armada Scania seri terbaru untuk dibuat ngeline kelas executive, selain itu saat di Jawa belum ada MB 1830 yang dibuat kelas executive PO. Manggala Trans, PO. Metro Permai dan PO Litha and Co berani menggeluarkan MB 1830 untuk dijadikan kelas executive dan baru-baru ini PO Manggala Trans siap mengeluarkan armada MB 1836, PO. Bintang Marwah pun tidak kalah bersaing dengan PO lainnya dengan mengeluarkan armada 1836 nya.
Dari beberapa fakta tersebut persaingan bus executive dilihat dari segi armada sangatlah menarik di pulau Sumatera dan Sulawesi dibanding di Jawa dengan persaingan ketat tersebut konsumen lah yang akan di untungkan. Siapkah di Pulau Jawa bersaing armada seperti hal nya di Pulau Sumatera dan Sulawesi??? Kita selalu menunggu kejutan-kejutan armada bus executive dipulau Jawa.
LAUNCHING MERCEDES BENZ O500 R 1836
PT Mercedes Benz Indonesia (MBI) pada tanggal 3 Juni 2013
resmi meluncurkan produk terbarunya di Indonesia yaitu chasiss mesin dengan kelas premium
dengan tipe O500 R 1836 dilengkapi suspensi udara. Produk terbaru MBI ini bisa
dikatakan bus terpanjang di Indonesia karena panjangnya bisa mencapai hingga
12, 8 meter.
Dikutip dari
Tribunnews.com , menurut Dr Claus Weidner, Presiden Direktur dan CEO MBI, bahwa
bus O500 R 1836 bisa
menyemburkan tenaga maksimum 360 hp (260 kW) pada 2000
rpm, dengan torsi maksimum 1750 Nm pada 1100 rpm. Bus ini sudah memenuhi
standar emisi gas buang Euro 3. O 500 R 1836 dilengkapi dengan fitur Electronic Brake System (EBS), Anti-lock Braking System (ABS), dan Acceleration Skid Control (ASR).
"Chassis bus O500 R 1836 merupakan terobosan di segmennya. Mesin 12 liternya memungkinkan bus ini mendaki bukit tanpa perlu melakukan perpindahan gigi secara signifikan," kata Claus Weidner.
Launching produk baru Mercedes Benz tipe O500 R 1836 ini dilaksanakan dipabrik MBI, Wanaherang, Bogor, Jawa Barat. Launching dihadiri oleh sejumlah perusahaan otobus yang memakai produk 1836 yang dikerjakan oleh 5 karoseri ternama di Indonesia diantaranya:
"Chassis bus O500 R 1836 merupakan terobosan di segmennya. Mesin 12 liternya memungkinkan bus ini mendaki bukit tanpa perlu melakukan perpindahan gigi secara signifikan," kata Claus Weidner.
Launching produk baru Mercedes Benz tipe O500 R 1836 ini dilaksanakan dipabrik MBI, Wanaherang, Bogor, Jawa Barat. Launching dihadiri oleh sejumlah perusahaan otobus yang memakai produk 1836 yang dikerjakan oleh 5 karoseri ternama di Indonesia diantaranya:
·
PO. Nusantara (Jetbus karoseri Adi Putro)
·
PO. Kerub Wisata (Jetbus karoseri Adi Putro)
·
PO. Pahala Kencana (Jetbus karoseri Adi Putro)
·
PO. Pelangi (Jetbus karoseri Adi Putro)
·
PO. Marissa Holiday (Skyliner karoseri Rahayu Sentosa)
·
PO. Anugrah (Skyliner karoseri Rahayu Sentosa)
·
PO. Blue Star (Tourismo karoseri Morodadi Prima)
·
PO. Safari Dharma Raya (Tourismo karoseri Morodadi Prima)
·
PO. Manhattan (Legacy Sky karoseri Laksana)
·
PO. Harapan Jaya (Scorpion X karoseri Tentrem)
·
Training Coach milik MBI (Jetbus karoseri Adi Putro)
Berdasarkan testimony
peserta, bahwa produk Mercedes Benz O500 R 1836 terbukti nyaman untuk dilakukan
perjalanan apalagi untuk perjalanan jarak jauh antar propinsi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar