Assalamulaikum...
Kali ini saya mau share ke kalian tentang mitos yang berkembang di
masyarakat tentang bus malam dan fakta yang ada di jalan. Langsung aja
check this out !
1. -Mitos : Bus jika di jalan raya, saingan.nya
adalah truk tangki ataupun truk gandeng
-Fakta: sejak jaman baheula dulu,
sudah ada semacam kesepakatan tak tertulis di jalanan bahwa para driver
dari semua jenis kendaraan angkutan barang 'seharusnya'
memberikan prioritas kepada bus, karena yang diangkut bus
itu manusia (bukan benda mati). Yang menjadi musuh atau tepatnya kendala
driver bus adalah sepeda, sepeda
motor, becak (yang arah beloknya hanya si pengendara
dan Allah yang tahu :D) dan yg terakhir mobil pribadi yg gak ngerti
sopan santun dalam berlalu lintas di jalur
luar kota, dan driver mobil pribadi yang egois (inginnya didepan, nggak
mau disalip).
2. -Mitos: Bus malam jalannya ngebut, suka nyerobot jalur kendaraan lain
, dan nggak mau ngalah ke kendaraan lain
-Fakta :
a. Ngebut ? Nggak mungkin, karena walaupun spidometer bus itu dari 0 kmh
sampai 120 kmh, dengan kondisi jalan di Indonesia yang... (temen2 pasti
tau lah... :D) saya 90% yakin kalau kecepatan 120 kmh tidak akan pernah
tercapai. Bahkan di bus bermesin Scania, ada sebuah peringatan yg
muncul kalau bus tersebut melaju dengan kecepatan 110 kmh atau lebih,
peringatan tersebut ada di spidometer berupa tulisan "DO NOT EXCEED
110km/jam" CMIIW. Selain itu, badan bus yang bongsor, walaupun hanya
berjalan 80km/jam pasti akan
terlihat cepat dan angin yang menerpa anda akan menambah
efek bahwa bus tersebut memang ngebut. Memang ada bis yg larinya bisa
ngebut karena mungkin drivernya berani dan mungkin karena bus tersebut
menggunakan produk dari Scania (9000 atau 12000 cc), yang walaupun
dibawa melaju kencang di jalur pantura yang jelek, 'air
bellow suspension' (suspensi udara) dari Scania memang terbukti dapat
meredam dengan baik
guncangan, yang ngebut justru mobil-mobil pribadi dan bus bumel yg
bekerja keras untuk memenuhi uang setoran
b. Suka nyerobot jalur dan nggak mau kalah ? Sebagai kendaraan niaga yg
menyediakan jasa angkutan, diperlukan "WAKTU TEMPUH yang BAIK" untuk
menjadikan suatu PO laku dan banyak orang memakai
jasanya. Nah, untuk mencapai jarak X km, bus 'harus' berangkat jam Y dan
'harus'
tiba jam Z (berbeda lagi jika musim arus mudik lebaran, karena para
driver pun tidak tahu kapan ia akan sampai di tujuan. Jadi waktu tempuh
tidak dapat dipastikan, bahkan perjalanan jakarta-purwokerto bisa
memakan waktu 2 hari 1 malam [pengalaman mudik salah satu bismania]),
sang driver pun diminta untuk bermatematika sbb (jangan dikira, jika
menjadi driver hanya bermodal gas
pol aja) :
kecepatan minimum = X km/Y jam
Jadi waktu perkiraan tiba di tempat tujuan Z = waktu berangkat + waktu
makan direstoran + waktu terjebak macet + waktu isi solar + waktu
bertempur
dg rasa kantuk.
Untuk mencapai tujuan pada jam "Z", driver harus menyiasati truk yg
jalan lambat,
lalu lintas yg padat, becak, sepeda, pasar tumpah dsb, maka kadang pak
sopir cari "jalur alternatif" seperti mengambil jalur
berlawanan, pakai bahu jalan tol, dan tidak mau disalip.
Kalau anda menjadi pengguna jalan bermobil pribadi jangan kawatir
untuk menyikapi bus malam seperti ini. Saya punya sedikit trik, ini
triknya:
#. Kalau jalur anda diambil dari arah berlawan : kurangi kecepatan,
minggir ke kiri, cukup pasang lampu sein kanan (sinyal bahwa anda minta
jalan) dan beri lampu jauh sekali saja (sinyal peringatan
"awas"), anda akan dihormati dan dikasih jalan.
Tapi kalau anda tetap nggak mau minggir, jangan harap dikasih jalan.
#. jika anda mau menyalip bis, cukup kasih lampu dim sekali sebelum
nyalip dan
kalau tiba-tiba saat proses menyalip ada kendaraan berlawanan cukup
dekat dari arah
depan cukup klakson pendek satu kali dan dim satu kali, insyaallah anda
akan
dikasih jalan.
3. -Mitos: Bus malam ugal-ugalan tidak tahu aturan.
-Fakta:
Bus kalau mau belok, mau menyalip, pindah jalur pasti kasih sein kemana
arah dia mau pergi, justru yg ugal ugalan itu mobil pribadi yang pindah
jalur seenaknya, coba perhatikan kalau bis yg anda tumpangi menguntit
bus malam yg lain, maka
bus di depan anda akan selalu memberi tanda bahkan membimbing bus anda
kalau dia nyalip kendaraan lain, bus anda boleh ikut menyalip atau
tidak, ngasih
tahu kalau didepan ada kendaraan. Enggak percaya ? buktikan sendiri...
:D
Foto-foto Bus Malam Indonesia :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar